Undian Nomor Urut Capres-Cawapres, Ganjar Ingatkan Jangan Ada Drakor dan Mahfud Berpantun Ajak Pilih Nomor 3

157
Ganjar Mahfud memperlihatkan nomor urut 3 hasil undian di KPU

Aartreya - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3 sebagai peserta Pemilihan Presiden 2024, di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa malam (14/11/2023). Tampak hadir para ketua umum parpol pendukung Ganjar-Mahfud yang terllihat kompak mendampingi.

Mereka yakni Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di sisi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hanya pasangan Ganjar-Mahfud yang hanya didampingi para ketua umum. Sementara, pasangan Capres dan Cawapres lainnya tidak didampingi secara lengkap oleh Ketua umum partai politik pendukungnya.

Sebelum memulai pidato, Ganjar mengucapkan Salam Pancasila. Lalu, dia mengaitkan nomor urut 3 dengan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia. Dalam pidatonya, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpesan agar seluruh kalangan dapat memastikan demokrasi berjalan pada rel yang seharusnya yakni jujur dan adil.

"Kita selenggarakan dengan betul-betul membawa integritas yang jauh-jauh sekali dari unsur KKN, harus kita pastikan," kata Ganjar.

Ia juga menyinggung soal ‘drakor’ (drama korea) yang belakangan ini menghangat. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan drama-drama tersebut tak perlu terjadi.

"Tapi beberapa hari ini kita sedang disuguhkan menonton drakor yang sangat menarik, publik ...," ucap Ganjar yang terhenti karena terdengar suara riuh.

"Drama-drama itu lah yang sebenarnya tidak perlu terjadi," ucapnya

Ganjar juga mengatakan pengundian nomor urut ini menjadi awal perayaan demokrasi melalui Pemilu. Ganjar kemudian bicara soal kegelisahan masyarakat.

"Demokrasi harus kita pastikan bahwa demokrasi bisa baik meskipun sekarang belum baik-baik saja," tukasnya.

Selanjutnya, Cawapres Mahfud MD pun menutupnya dengan pantun.

"Izinkan saya akhiri dengan pantun dan jagonya pantun adalah Pak Mahfud," ujar Ganjar sebelum mengakhiri pidatonya.

Mahfud lalu menyampaikan dua pantun. Pertama berisi ajakan untuk memilih nomor urut 3. Sementara pantun keduanya menyinggung soal dukungan ke Palestina.

Berikut isi pantun yang dibacakan Mahfud:

Hukum yang tegak harapan kita

Sejahtera merata idaman bersama

Ganjar-Mahfud pilihan kita

Gotong royong pilih nomor 3

Membakar seafood dari Palu

Ke negeri China naik pesawat

Kalau Ganjar-Mahfud menang pemilu

Dukungan ke Palestina makin menguat

Undian Sesuai Nomor Partai Pengusung  

Hasil pengundian yang dilakukan KPU, nomor urut mereka sesuai dengan nomor urut parpol pengusung masing-masing. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat nomor 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3.

Pengundian nomor urut dilakukan dalam Sidang Pleno terbuka KPU di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (14/11/2023) malam.

Pengundian dilakukan dua tahap. Pertama, pengambilan nomor antrean yang dilakukan para Cawapres. Muhaimin dapat giliran pertama mengambil bola kecil yang berisi nomor antrean, lalu Mahfud, dan terakhir Gibran.

Secara bergiliran, Anies-Muhaimin dapat kesempatan pertama mengambil nomor urut, Ganjar-Mahfud dapat kesempatan kedua, dan Prabowo-Gibran dapat kesempatan ketiga. Setelah itu, giliran para Capres untuk mengambil nomor urut dalam tiga buah gulungan yang diletakan di meja akrilik.

Anies yang pertama, Ganjar kedua, dan Prabowo ketiga. Setelah semua mengambil, Ketua KPU Hasyim Asy’ari mempersilakan Capres-Cawapres untuk membuka nomor urut secara bergantian sesuai antrean.

Hasilnya, Anies-Muhaimin mendapat nomor urut 1. Setelah itu, giliran Ganjar-Mahfud. Tanpa ragu, Ganjar membuka gulungan itu dan memperlihatkan kepada para pendukung. Mereka dapat nomor urut 3, sama seperti nomor urut PDI Perjuangan, partai pengusung.

Ganjar pun langsung mengacungkan salam metal. Terakhir, Prabowo-Gibran. Hasilnya sudah bisa ditebak, nomor urut 2, sesuai dengan nomor Gerindra.

(3. Eko Okta Ariyanto)

SHARE

KOMENTAR