Wawancara Khusus Arrtreya dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono

152
Ketua DPD PDI Perjuangan Ono Surono saat menggelar rapat bersama Sekjen DPP Hasto Kristiyanto

Akhir Mei ini, tepatnya pada Jumat hingga Minggu (27-29/5/2022), DPP PDI Perjuangan akan menggelar Festival Kopi Tanah Air yang akan digelar di Parkir Timur, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang akan dimeriahkan musisi Tanah Air yakni Kris Dayanti hingga Marcell Siahaan.   

Diwawancarai Aartreya melalu sambungan telepon, Minggu (22/5/2022) petang, Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar yang juga anggota DPR RI, Ono Surono menyampaikan, kopi asal Tanah Jawa memiliki cita rasa yang terbaik di dunia.

Apa yang melatarbelakangi digelarnya Festival Kopi Tanah Air?  

Pada tahun 1922, William H Ukers menulis buku ‘All About Coffee’. Dalam buku itu menyatakan, bahwa kopi dari Jawa adalah kopi yang terbaik di dunia. Lalu, Bung Karno pada tahun 1960 terkenal dengan ucapannya Cup Of Java, yang menunjukkan kopi dari Jawa adalah terbaik di dunia

Konsumsi kopi dunia saat ini mencapai 8,4 juta ton dan akan naik terus naik seiring dengan pola hidup masyarakat dunia akan makanan dan minuman.

Indonesia baru bisa memproduksi 740 ribu ton. Dimana 59% nya ekspor. Konsumsi dalam negeri pun meningkat tajam karena kopi sudah menjadi budaya di kalangan milenial bahkan zilenial.

Apa yang jadi kendala kopi dalam negeri?    

Kopi tanah air masih banyak kendala dari mulai lahan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, petani hingga permodalan.

Sehingga dalam memperingati HUT PDI Perjuangan ke 49, DPP PDI Perjuangan membuat agenda kegiatan Festival Kopi Tanah Air sebagai penutup rangkaian hari jadinya. Festival Kopi Tanah Air dimulai dengan agenda Dialog Kopi Tanah Air pada 17 Januari 2022, yang dilaksanakan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung Jakarta secara Hybrid, yang dihadiri oleh Menteri BUMN, Menteri Koperasi UKM, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Produsen dan Penggiat Kopi sebagai narasumber.

Apa saja rangkaian acara yang akan digelar di Festival Kopi Tanah Air?

Gelaran Festival Kopi Tanah Air mendatang selain berupa eksibisi atau pameran, Juga, lomba barista, bincang kopi, pasar lelang biji kopi, workshop dan pelatihan seduh kopi dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 27-29 Mei 2022 di Parkir Timur Selatan, Senayan, Jakarta.

Selain itu akan ada pertunjukan seni budaya dan penampilan artis-artis Indonesia seperti Krisdayanti, Marcell Siahaan, Rizky Febian, Peewee Gaskins, Hivi, dan lainnya.

Kami berharap dengan festival ini, akan membangkitkan Kopi Tanah Air. Membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhir Kopi Tanah Air merupakan kebangkitan nasionalisme Indonesia,” tuntasnya. (Eko Octa)  

 

SHARE

KOMENTAR