Walah, Amien Rais Mau Dirikan Partai Baru Cuy

913

JAKARTA - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akan kembali mendirikan partai baru. Amien menjelaskan bahwa partai tersebut kini sudah memiliki asas dan semboyan. Partai baru itu, kata Amien, akan memiliki semboyan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Sementara, Islam Rahmatan lil Alamin akan menjadi asas bagi partai barunya tersebut.  

"Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin. Islam melarang diskriminasi atas nama apa pun. Sementara semboyan kami adalah 'Melawan Kezaliman dan Tegakkan Keadilan'," tukas Amien lewat siaran langsung Youtube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020) petang.

Kata dia, rencana pembentukan partai baru ini bermula dari situasi kondisi bangsa dan negara kekinian yang disebutnya butuh hadirnya partai baru.

"Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," lanjutnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia sudah berada di ambang krisis. Terkait nama partainya, logo, hingga AD/ART, Amien masih merahasiskan. Ia juga menyebut saat ini tengah bermusyawarah mencari tanggal, hari, dan bulan untuk deklarasi.

"Jadi bersabar itu indah, fashobrun jamil, karena itu inilah yang saya sampaikan lebih dahulu ya," ucap Amien.

Amien Rais, meski usianya sudah 76 tahun dikenali selalu memposisikan diri bersebrangan dengan pemerintahan Jokowi – Maruf. Sebelumnya, dalam situasi pandemi, Amien pernah menggugat pemerintahan Jokowi-Maruf ke Mahkamah Konstitusi terkait Perppu nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas keuangan untuk penanganan COVID-19.

Tapi, gugatannya kandas karena Perppu telah berganti jadi undang-undang. Selama Jokowi memimpin Indonesia hingga periode kedua, Amien Rais memposisikan sebagai oposisi. Kritik dari Amien ke Jokowi makin gencar terutama dalam Pilpres 2019. Saat kubu yang didukungnya kalah dan merapat ke Jokowi, Amien justru getol berkonfrontasi dengan partai yang didirikannya. (nesto) 

SHARE

KOMENTAR