Server Data Disdukcapil Kota Bogor Diretas Hacker

744
ilustrasi

JAKARTA – Server Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor diretas oleh pihak tak dikenal sejak pekan lalu. Selain Kota Bogor, peretas juga menyerang Disdukcapil Kabupaten Malang, Pemkab Subang, dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Namun, saat ini sudah diselesaikan. Hal itu dikatakan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah.

 “Sudah teratasi sejak pekan lalu. Pekan lalu sudah kita mitigasi risiko yaitu dengan mematikan jaringan yang menggunakan internet publik untuk layanan online, agar diperkuat dengan firewall dan sistem pengamanan lainnya,” tukas Zudan dilansir dari Inews.id, Senin (7/6/2021).

Dia mengaku mengevaluasi layanan di empat disudukcapil karena kurangnya pengamanan terhadap data.

“Empat layanan online dukcapil tersebut saya evaluasi karena kurang secure dalam aspek pengamanan data,” tuturnya.

Zudan telah meminta daerah untuk menjaga servernya masing-masing. Dia juga mengingatkan agar pengamanan data terus diperkuat.

“Saya sudah zoom dengan 548 daerah pekan lalu dan menegaskan bahwa mereka para kepala dinas bertanggung jawab penuh terhadap data pada server lokal masing-masing. Saya juga ingatkan untuk penguatan pengamanan data,” tuntasnya. (Sumber : Inews.id/Nesto)  

SHARE

KOMENTAR