Sang Istri Sebut Makan Garam Biasa, Ini Profil Ganjar Pranowo

1971
Ganjar Pranowo dan keluarga (Foto : Wawasan.co)

Harmonis. Begitu kesan kehidupan rumah tangga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atikoh Supriyanti. Di berbagai kesempatan, pasangan ini kerap tampil romantis. Dilansir dari haibunda.com, belum lama ini, sang istri, Siti Atikoh mengungkapkan caranya membagi waktu bersama sang suami.

Kesibukan Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh ternyata membuat keduanya jarang makan bersama di rumah. Mereka justru bisa menghabiskan waktu makan bersama ketika sedang berkegiatan di luar rumah. Menurut Siti Atikoh, Ganjar juga termasuk suami yang tak pilih-pilih soal makanan. Pria berusia 52 tahun tersebut, menurutnya bersedia makan apa pun yang diberikan sang istri padanya.

"Kalau Mas Ganjar sih bilang, kalau saya masak dikasih garam saja mau makan. Cuma masalahnya kan jarang di rumah, paling pagi bisa makan di rumah, siang sudah ke mana-mana, dan malam kadang bisa bareng," kata Siti Atikoh, dalam acara kolaborasi detikcom dan HaiBunda, Dari Kartini untuk Indonesia, beberapa waktu lalu.

"Kalau kita makan bareng biasanya ketika kita sepedaan," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dikenali sebagai salahs atu gubernur yang merakyat. Sebelum terjun ke dunia politik, ia sempat menjadi pengacara dan konsultan. Pasca terpilih sebagai anggota DPR, Ganjar jadi Gubernur Jawa Tengah.

Dikutip dari viva.co.id, Ganjar lahir di Karang Anyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968. Ia merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ayahnya adalah seorang polisi yang sangat disiplin sementara ibunya hanya seorang ibu rumah tangga yang selalu menanamkan norma-norma kehidupan kepada anak-anaknya. Ganjar mengikuti sikap disiplin ayahnya dan berbudi luhur yang diajarkan ibunya. Mereka hidup dalam lingkungan yang bisa dibilang cukup sederhana.

Ganjar menghabiskan masa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Jawa Tengah, yaitu di SD dan SMP Kutoarjo. Setelah lulus SMP, Ganjar melanjutkan Sekolah Menengah Atas di SMA BOPKRI, Yogyakarta. Lulus SMA, Ganjar  melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Kariernya beragam. Ganjar memiliki kantor hukum sendiri dan juga sebagai konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra. Sementara karier politiknya, dia bergabung dengan  PDI Perjuangan. Dia terpilih menjadi anggota DPR 2009-2014. Di gedung Senayan, dia aktif di Komisi II yang membidangi persoalan hukum. Dia juga termasuk salah satu panitia hak angket kasus Bank Century.

Di tengah masa aktifnya sebagai anggota DPR RI, Ganjar bertarung dalam Pilgub Jawa Tengah 2013. Ia berpasangan dengan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh PDIP mengalahkan patahana Bibit Waluyo. Ganjar Pranowo dalam usia 45 tahun resmi terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018.

Kiprahnya menjadi gubernur mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya sebagai Kepala Daerah Inovatif 2014 untuk kategori layanan publik pada tahun 2014 dan anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah.

Berikut Biodatanya :                

KELUARGA

Istri                    :  Siti Atikoh Supriyanti

Anak                  :  Muhammad Zinedine Alam Ganjar     

                                                                

PENDIDIKAN

SD Kutoarjo, Jawa Tengah.

SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.

SMA BOPKRI, Yogyakarta.

SMA BOPKRI, Yogyakarta.

Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta

 

KARIER

Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra

PT Semeru Realindo Inti

Kantor Hukum

Anggota DPR RI Komisi II, 2009 - 2014

Gubernur Jawa Tengah, 2013-2018

 

PENGHARGAAN

Anugerah Pataka Paramadhana Utama Nugraha Koperasi (2013)

Kepala Daerah Inovatif untuk kategori layanan publik (2014)

Mengatasi Bencana di Provinsi Jawa Tengah (2014)

Anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah (2015)

 

(Sumber : Haibunda.com/ Detik.com/ Viva.co.id/ Nesto)

SHARE

KOMENTAR