Reaksi Cepat, Baguna PDIP Terjun ke Lokasi Bencana Semeru

729
Relawan Baguna PDI Perjuangan

JAKARTA – Sehari setelah Gunung Semeru erupsi, tepatnya Minggu (5/12/2021) lalu, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan langsung kunjungi lokasi bencana bergotong royong, membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan. Demikian disampaikan Sekretariat Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

“Hal itu dilakukan guna mengoordinasikan penangganan bencana. Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri langsung menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru,” kata Hasto Kristiyanto dalam keterangannya yang diterima media online ini, Selasa (7/12/2021).

Hasto menuturkan, dalam mengoordinasikan penangganan bencana, Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri langsung menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.

Sementara itu, Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke dan Sekretaris Baguna Alvian Feoh diminta melakukan gelar pasukan Baguna se Jabodetabek guna mengantisipasi banjir di wilayah tsb.

"Ibu Risma (Tri Rismaharini) dalam kapasitas sebagai Menteri Sosial langsung turun ke lapangan, melakukan koordinasi dengan BMKG, BNPB, Basarnas dan dengan aparatur pemerintah daerah termasuk melakukan relokasi tempat pengungsian ke daerah aman setelah mendapatkan informasi dari Direktorat Jendral Vulkanologi dan Geologi Kementrian ESDM," jelasnya.

Hasto berujar, Baguna Partai terbukti aktif bergerak dengan semangat gotong royong membantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya. Motto Baguna sebagaimana ditetapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran.

"Apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, termasuk melalui gerak cepat Baguna di dalam menolong rakyat, terbukti efektif dan rakyat terus memberikan kepercayaan kepada Partai," tuntas Hasto. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR