Rayakan HUT RI ke-77, Tim Ekspedisi Trisakti Gelar Upacara Bendera di Gunung Papandayan

131

GARUT – Hari ini, Rabu (17/8/2022), dimulai pukul 08.00 WIB, Tim Ekspedisi Trisakti menggelar peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di puncak Gunung Papandayan, Garut. Meski diterpa udara dingin, namun upacara yang digelar berlangsung hikmat. Rangkaian acara dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga pembacaan teks proklamasi.

Badan Pemenangan Pemilu (BP Pemilu) Jabar, Mulyadi atau yang akrab disapa Kimung kepada media online ini menyampaikan, hadir dalam Ekspedisi Trisakti di Gunung Papandayan tersebut diantaranya pengurus DPD PDI Perjuangan Jabar.

“Yakni, H Toto Suripto, H. Memo Hermawan. Selain itu juga BP Pemilu, Badiklatda, Baguna, dan Satgas Cakrabuana Jawa Barat,” tukas pria berperawakan atletis ini .  

Dalam Ekspedisi Trisakti di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut ini, sambungnya, merupakan hulu sungai Cimanuk.  

“Kegiatan ini juga diikuti peserta dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, BPBD Rescue, Pramuka, PMI Kabupaten Garut, Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia, Pencinta Lingkungan, Serikat Hijau Indonesia,” tuturnya.

“Kegiatan ekspedisi ini dimulai pada tanggal 14 Agustus dan dipimpin oleh tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional yang melakukan inventarisasi vegetasi di Gunung Papandayan. Serta, eksplorasi dan sarasehan sesama peserta ekspedisi,” ucap Kimung.

Selama menyusuri jalur pegunungan, tim peneliti tanaman endemik melakukan sosialisasi terkait tanaman-tanaman endemik yang ditemui langsung di jalur pegunungan yang dilalui, mulai dari bagian-bagian tanamannya, manfaatnya hingga panduan cara pemanfaatannya.  

Sebelumnya setelah dibuka secara resmi, Ketua Baguna PDI Perjuangan Jabar Drajat Hidayat menyampaikan bahwa saat perjalanan peserta akan melakukan simulasi mitigasi bencana.

“Hari ini tentunya terkait pemberangkatan perjalanan fieldtrip, ada hal yang menjadi tugas Baguna Jawa Barat. Di ekspedisi ini kita akan melaksanakan mitigasi bencana, khususnya mitigasi bencana longsor dan erupsi gunung berapi,” ucapnya.

Sebagai informasi, Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2,665 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan yang sangat menarik. Mulai dari hutan mati, kawah yang masih aktif.

Gunung Papandayan memiliki sensasi mendaki gunung ini tak kalah dengan gunung lainnya. Pemandangan alam Gunung Papandayan sangat eksotis  mulai dari pemandangan kawah belerang, hutan mati, hingga padang bunga edelweiss. Di gunung tersebut juga tersedia kolam air panas hingga berkemah di Pondok Salada.

Jalur pendakian diawali area parkiran menuju Kawah. Di peta jalur yang terpajang di dekat pos pendaftaran pendakian, jaraknya sekitar 700 meter. Pemandangan di kanan kiri lintasan pendakian terbilang indah, didominasi jalan berbatu kerikil kecil dengan dominasi warna tanah kapur. Jalur terbuka yang diapit oleh tebing yang tinggi dan sungai kecil sisi gunung membuat perjalanan tak terasa lelah. (Eko Octa)  

SHARE

KOMENTAR