Presiden ke-V Resmikan Patung Bung Karno Baca Buku, ini Kata Gubernur Lemhanas

1119
Patung Bung Karno di halaman depan atau pintu utama Gedung Lemhannas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 10, Jakarta Pusat.

JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di areal pusat pendidikan pertahanan tersebut di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021). Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Letjen (purn) Agus Widjojo yang saat itu hadir bersama Ketua DPR Puan Maharani mendampingi Megawati mengharapkan, keberadaan monumen ini bisa menginspirasi para tenaga pembina agar melanjutkan semangat dan gagasan Bung Karno untuk Indonesia berdaulat.

"Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan rida-Nya, dalam rangkaian peringatan hari lahir Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia pada 20 Mei 2021, kita dapat melaksanakan peresmian monumen Bung Karno," kata Agus dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, patung Bung Karno tersebut melambangkan kebiasaan Putra Sang Fajar itu membaca buku. Dengan begitu, dia melihat Presiden Pertama RI itu memberikan dasar pengetahuan dan keluasan wawasan bagi pembuatan keputusan dan kebijakan dalam berbagai rumusan gagasan beliau.

Gubernur Lemhannas RI Agus Widjojo juga mengajak semua pihak menjaga komitmen bersama melalui pelaksanaan peran dan fungsi Lemhannas RI dalam upaya menjamin kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan semangat yang terkandung dalam acara peresmian monumen ini, selanjutnya sebagai puncak acara, kami mohon dengan hormat kepada Presiden Kelima Republik Indonesia Ibu Dr (HC) Megawati Soekarnoputro untuk meresmikan Monumen Soekarno di Lemhannas RI," ujar Agus menutup sambutannya.

Sebagai informasi, keberadaan patung Bung Karno, dalam rangkaian peringatan hari lahir ke-56 lembaga itu. Adapun lahirnya Lemhanas dulu diresmikan oleh Presiden RI pertama Soekarno atau dikenal dengan julukan Bung Karno pada 20 Mei 1965. Patung Bung Karno sendiri berada di halaman depan atau pintu utama Gedung Lemhannas RI tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 10, Jakarta Pusat.

"Presiden Kelima RI, Ibu Megawati Soekarnoputri siang ini akan hadir secara langsung di Lemhannas untuk menandatangani prasasti dan meresmikan patung Bung Karno, dan sekaligus bertepatan dengan  HUT Lemhannas ke-56," jelas Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya yang diterima oleh Aartreya.com. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR