Megawati dan PDI Perjuangan Berduka, Rachmawati Berpulang

987
Rachmawati Soekanoputri

JAKARTA - Megawati Soekanoputri sampaikan dukacita yang mendalam berpulangnya sang adik,Rachmawati Soekarnoputri. Demikian disampaikan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Ibu Megawati Soekarnoputri berduka. Ibu Rachmawati adalah adik beliau, yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara. (Ia. Mendiang Rachmawati.red) juga berjuang meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khotimah," ujar Hasto kepada wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Megawati, sambung Hasto, saat mengetahui berita duka, langsung berkomunikasi dengan putra Rachmawati, Rommy Soekarnoputro, dan mengucapkan duka cita. Megawati juga memberikan doa terbaik bagi adiknya agar dilancarkan jalannya dan diampuni dosa-dosanya, serta berharap keluarga yang ditinggal mendapat kekuatan.

“PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang mendalam. Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan partai memberikan penghormatan terbaik bagi almarhumah,” ujar Hasto.

Rachmawati Soekarnoputri meninggal hari ini, Sabtu 3 Juli 2021, pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Sempat terpapar Covid-19, jenazah Rachmawati tidak akan disemayamkan di rumahnya. Ia akan langsung dimakamkan di pemakaman Karet dengan protokol Covid-19.

Terpisah, dikutip dari VOA, Eros Djarot menyampaikan, Megawati Soekarnoputri akan menghadiri langsung pemakaman adiknya, Rachmawati Soekarnoputri, di TPU Karet Jakarta, Sabtu ini.

“Menurut rencana Ibu Megawati akan menghadiri langsung, meski tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan, pemakaman Rachmawati di TPU Karet. Beliau akan dimakamkan di sebelah makam Ibu Fatmawati, ibunda keduanya,” ujar Eros.

Rachmawati, Putri Presiden Pertama Soekarno, selama ini dikenal selalu berbeda arah politik dengan kakaknya, Megawati Soekarnoputri. Tahun 2002, ia mendirikan Partai Pelopor pada 2002. Dilansir dari berbagai sumber, pada 2012, Rachmawati pernah bergabung dengan Partai NasDem. Namun, ia hanya 2 tahun bertahan di NasDem.

Pada 2014, ia memutuskan untuk mundur karena sikap politik yang bersebrangan. Partai NasDem ketika itu mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sedangkan Rachmawati mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Terkini, Rachmawati Soekarnoputri merupakan Dewan Pembina di Gerindra. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR