Luar Biasa!, Hasil Survei Populis Center PDIP Masih Jadi Jawara

624
ilustrasi

JAKARTA – PDI Perjuangan kembali menunjukan tak tergoyahkan dengan raihan elektabilitas 18.4 persen menurut survei nasional Lembaga Populi Center, mulai 21 hingga 30 Oktober 2020 di 100 kabupaten/kota yang tersebar secara proposional di 34 provinsi di Indonesia. Posisi elektabilitas PDI Perjuangan di atas empat persen atau melebihi ambang batas minimal parlemen (parliamentary threshold).

"Hasil survei menunjukkan bahwa PDI Perjuangan masih unggul dibandingkan partai lain," kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah, melalui rilisnya di Jakarta, Senin (9/11/2020).    

Survei tersebut menggunakan metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 1.000 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) serta margin of error sebesar 3.10 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sementara, lima partai politik yang persentase elektabilitasnya melebihi ambang batas berada dibawahnya. Seperti Partai Golkar 8.2 persen, Partai Gerindra 7.8 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 6.8 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 6.2 persen, dan Partai Demokrat dengan 6.2 persen.

Selanjutnya, partai persentase elektabilitas di bawah empat persen yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 3.4 persen, Partai Nasional Demokrat (NasDem) 2.6 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 2.1 persen, dan Perindo 1.0 persen.

 

Jika dibandingkan survei sebelumnya pada November 2019, terjadi penurunan suara PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, dan PKB. Di sisi lain, hasil survei menunjukkan peningkatan suara pada partai Demokrat dan PKS. (Sumber : RRI/nesto)

SHARE

KOMENTAR