Lomba Karya Tulis Terbuka untuk Umum, PDIP Siapkan Hadiahnya Jutaan Rupiah

1331

BOGOR – Memperingati rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-48 dan menyambut Bulan Bung Karno, Partai Besutan Megawati Soekarnoputri kembali mengelar lomba untuk umum. Kali ini, yang dikompetisikan karya tulis ilmiah. Mengusung topik Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan, karya ilmiah tersebut bertema Politik Hijau dan sub tema Sungai Jalan Peradaban. Hadiahnya, jutaan rupiah.   

“Lomba ini terbuka untuk umum se Indonesia. Ada 3 kategori lomba yakni SMA atau SMK sederajat, mahasiswa dan perempuan,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata didampingi wakilnya, Eko Octa di kantor partainya, Jalan Ahmad Yani II, No 4, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (2/1/2021). 

Politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini menambahkan, pengiriman karya tulis dibuka mulai 1-30 April 2021 dan bagi yang berminat bisa mengirimkannya melalui email dpcpdipbgr@yahoo.com , informasi lebih lanjut bisa menghubungi Herdiansyah melalui pesan whatsapp 087873668734.  

“Verifikasi adminisitrasi akan dilakukan mulai 1-7 Mei 2021, selanjutnya penjurian 8-31 Mei 2021 dan pengumuman pemenang 5 Juni 2021,” ucapnya. 

Hadiahnya, kategori SMA/SMK/ Sederajat pemenang I Rp5 juta, II Rp3.5 juta, dan III Rp2.5 juta, semua mendapatkan piala dan sertifikat. 

“Untuk kategori Mahasiswa dan Perempuan hadiah uang pembinaannya sama yakni pemenang I Rp7.5 juta, II Rp6.5 juta, III Rp5 juta, setiap pemenang mendapat piala dan sertifikat,” tuturnya.   

Masih menurut Dadang, sebagai persyaratan peserta lomba, tidak mewakili sekolah, kampus atau institusi dan dibuktikan dengan kartu identitas diri seperti pelajar, mahasiswa serta KTP. Dewan juri dari unsur akademisi, praktisi lingkungan hidup dan DPP PDI Perjuangan yakni I Made Urip (DPP PDI Perjuangan), Dr A Sonny Keraf (Mantan Menteri LIngkungan Hidup Kabinet Gotong Royong), Willy Midel Yoseph (anggota DPR RI Komisi VII), Agnes Sri Poerbasari (Dosen UI), Risma Usmar (Ketua Dewan Nasional WALHI), Sandyawan Soemardi (Aktivis Konservasi DAS).           

“Persyaratan lainnya, karya tulis belum pernah dipublikasikan dan karya sendiri, tidak menjiplak serta keputusan dewan juri tak dapat diganggu gugat. Karya tulis bisa diemail mulai hari ini, hingga selambat-lambatnya 30 April 2021 mendatang,” tukasnya. 

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Eko Octa melanjutkan, peserta hanya berhak mengirimkan satu tulisan. Selain itu, juga wajib mengirimkan foto melalui email dengan latarbelakang merah ukuran 4 x 6, juga kartu identitas diri untuk kategori lomba yang diikuti seperti kartu pelajar, kartu mahasiswa atau KTP. 

“Karya tulis ditulis dengan format PDF, dengan ketentuan cover dan daftar pustaka digunakan dalam satu file. Untuk format nama file PDF yakni LombaKaryaTulisIlmiahPDIP_Asal sekolah/Kampus_NamaPeserta,” ucapnya. 
Terkait sistematika penulisan, sambung Eko, naskah ditulis dengan huruf Time New Roman ukuran 12, spasi 1.5 pada kertas A4, dengan margin 4 cm dari samping kiri dan 3 cm dari samping kanan, atas dan bawah. 
“Mencatumkan acuan sumber pustaka, karya tulis dibuat minimal 8 halaman dan maskimal 12 halaman. Jumlah tidak termasuk cover dan lampiran. Naskah boleh dikemas dengan disain atau template yang kreatif boleh dilengkapi gambar maupun grafis yang mendukung penjelasan,” kata pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Bogor ini. 

Bagian artikel, sebutnya, meliputi halaman judul, abstrak meliputi ringkasan isi artikel. Kemudian, pendahuluan berupa latar belakang dan pernyataan permasalahan penelitian.
“Kemudian, isi, memuat tentang masalah yang diangkat. Lalu, kesimpulan dan terakhir daftar pustaka yang memuat sumber-sumber dalam naskah artikel,” pungkasnya. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR