KPK Rilis Harta Bakal Capres, Erick Tertajir Ganjar Terendah

377
Ganjar Pranowo dan Erick Tohir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru-baru ini mempublikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Diantaranya, termasuk milik sejumlah pejabat yang masuk bursa calon presiden atau capres 2024.

Melansir CNNIndonesia.com, ada tujuh nama pejabat yang belakangan ini namanya digadang-gadang di survei calon presiden. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto.

Nama Erick, tercatat sebagai bakal calon presiden paling tajir dari deretan nama itu. Sementara itu, AHY hanya punya satu LHKPN karena belum pernah duduk sebagai pejabat publik.

Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki harta kekayaan mencapai Rp11,78 miliar. Ia terakhir melapor LHKPN pada tahun lalu. Ganjar memiliki delapan bidang tanah dan bangunan dengan total nilai Rp2,6 miliar. Aset-aset ganjar tersebar di Purbalingga hingga Bogor.

Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto punya harta sebesar Rp2 triliun. Harta terbesar Prabowo berbentuk surat berharga dengan total nilai Rp1,7 triliun. Dia juga memiliki tanah dan bangunan sebanyak 10 aset. Total aset Prabowo itu bernilai Rp275,32 miliar.

Anies Baswedan

Harta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di angka Rp10,96 miliar pada laporan 2021. Harta terbesar Anies adalah enam tanah dan bangunan dengan nilai Rp14,7 miliar.

Anies pun memiliki tiga kendaraan dengan total nilai Rp550 juta. Tiga kendaraan itu adalah mobil Honda Odyssey tahun 2016, motor Vespa tahun 1986, dan motor Kawasaki EX250V tahun 2018.

AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Haromurti Yudhoyono (AHY) hanya satu kali melaporkan harta kekayaan, yaitu saat pendaftaran calon gubernur DKI Jakarta 2017.

Harta AHY pada 2016 mencapai Rp15,29 miliar. Dia memiliki tiga bidang tanah dengan total nilai Rp6,77 miliar. Ada pula mobil Toyota Vellfire tahun 2012 senilai Rp550 juta.

Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi capres paling tajir dengan harta mencapai Rp2,3 triliun. Harta terbesar Erick berupa surat berharga dengan total nilai Rp1,72 triliun. Mantan Bos klub sepak bola Inter Milan juga menguasai 34 bidang tanah dan bangunan. Aset Erick itu setara dengan Rp364,2 miliar.

Puan Maharani

Ketua DPR Puan Maharani belum melaporkan harta kekayaannya tahun kemarin. Ia terakhir melapor ke KPK pada 2020. Saat itu, harta Puan sekitar Rp382,4 miliar. Dia memiliki 75 aset tanah dan bangunan dengan total nilai Rp149,34 miliar.

Puan pun memiliki sejumlah kendaraan bermotor senilai Rp1,53 miliar. Ia memiliki dua buah sepeda motor Harley Davidson tahun 2002 di garasinya.

Airlangga Hartarto

Harta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berada di angka Rp425,6 miliar. Harta terbesar Airlangga berbentuk Rp321,33 miliar. Ketua Umum Partai Golkar itu juga memiliki sembilan tanah dan bangunan. Total nilai aset Airlangga itu sekitar Rp108,46 miliar.

(Sumber : CNN Indonesia)

SHARE

KOMENTAR