Jelang Daki Gunung Peringati HUT RI ke-77, Ketua DPC PDIP Kota Bogor Dukung Ekspedisi Trisakti PDIP Jabar

443
Ilustrasi

KOTA BOGOR – Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77, tinggal beberapa hari lagi. Dalam waktu dekat, PDI Perjuangan Jawa Barat akan menggelar Ekspedisi Trisakti yang menjadi arahan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hal itu disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata.

“DPC PDI Perjuangan Kota Bogor mendukung penuh Ekspedisi Trisakti yang akan digelar DPD PDI Perjuangan Jabar,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata saat ngobrol santai di salah satu rumah makan di Jalan Otista, Kota Bogor, Minggu, (16/8/2022).

Politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini mengutip yang pernah disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono. Ia berujar, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekanoputri mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar.

“Namun, belum dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam kehidupan sehari-hari. Bertolak dari hal itu, digelarlah Ekspedisi Trisakti oleh DPD PDI Perjuangan Jabar dengan mendaki 5 gunung di Jawa Barat. Mengapa dinamakan Ekspedisi Trisakti karena selaras dengan ajaran Bung Karno yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” tuturnya.

“Jadi tidak hanya sekedar mendaki gunung tapi bagaimana kedaulatan pangan menjadi prioritas kita. Ekspedisi Trisakti ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menginventarisir potensi sumber pangan di Jawa Barat di wilayah DAS meliputi Gunung, Hutan/Rimba, Laut dan Pantai (GURILAP),” lanjut Dadang sembari santap siang.

Masih menurutnya, jelang peringatan Hari Kemerdekaan, PDI Perjuangan Kota Bogor dan DPD PDI Perjuangan Jabar serta beberapa akademisi lingkungan hidup akan mendaki Gunung Gede melalui jalur Selabintana, Sukabumi.

“Selain melakukan inventarisasi dan penelitian tanaman, juga akan merayakan upacara bendera bertepatan saat 17 Agustus,” tuturnya.

Sebagai informasi, jalur pendakian Gunung Gede ada 3 jalur pendakian yakni Cibodas, Putri dan Selabintana. Umumnya, para pendaki lebih memilih jalur pendakian lewat Cibodas dan Putri.

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana merupakan jalur terpanjang dengan jarak tempuh dari pintu masuk resort Selabintana hingga Alun-alun Suryakencana sekitar 14 km (14,5 km ke puncak Gede). Adapun estimasi waktu tempuhnya ada yang bisa 8 jam bahkan lebih dari 12 jam tergantung kekuatan fisik pendakinya.

Kondisi vegetasi alam jalur Selabintana masih cukup rimbun dan padat, dan tak jarang ditemui batang pohon yang tumbang melintang menghalangi jalur disepanjang perjalanan. Medan yang berlumpur dan licin membuat para pendaki yang hendak melintas seringkali harus merunduk, merangkak atau memanjat untuk melewati rintangan pohon tersebut. Dari ketiga jalur yang ada, jalur Selabintana merupakan jalur dengan vegetasi alam yang masih alami.

Informasi yang dihimpun media online ini, pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) sebagai pengelola kawasan tersebut tidak merekomendasikan pendaki melakukan pendakian pada malam hari. Hal tersebut diberlakukan demi keselamatan dan kenyamanan para pengunjungnya. (Eko Octa)  

SHARE

KOMENTAR