DPC PDIP Kota Bogor Gelar Lomba Video Bulan Bung Karno, Dadang : 2 Menit Kenang Sang Fajar

880

KOTA BOGOR – Peringati Bulan Bung Karno, Juni 2021, DPC PDI Perjuangan Kota Bogor merayakan cara unik menularkan ajaran Proklamator RI melalui lomba video. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menghelat acara lomba pidato di dalam ruangan yang dihadiri banyak peserta, di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Jalan Ahmad Yani II, No 4, Tanah Sareal. Kali ini dilakukan di luar ruangan, dan peserta lomba mengirimkan tayangan baca puisi atau pidatonya melalui whatsapp dan medsos.    

“Ya, kegiatan ini lomba merayakan Bulan Bung Karno, tak lagi dilakukan didalam ruangan. Bahkan, juga tidak dilakukan dengan berkumpul, mengingat saat ini pandemic Covid-19 masih mewabah,” kata Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Eko Octa, Selasa (15/6/2021).

Namun, sambung pria yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, kegiatan dilakukan di tempat terbuka.

“Tempat terbuka yang dimaksud, misalnya di tepi jalan raya, di warung kopi, atau di pasar tradisional.

Kenapa? Karena, kita tak sekedar hanya menggelar lomba tanpa makna. Tapi, kita ingin, public juga tahu kiprah dan karya besar Sang Putra Fajar, Bung Karno. Jadi, peserta membawakan puisi karya Bung Karno apa saja. Misalnya, ‘Aku Melihat Indonesia’. Atau, berpidato dengan membacakan teks asli Bung Karno. Atau, boleh juga berorasi bebas menyampaikan tentang Bung Karno,” tuturnya.

Lalu, apa kriteria penilaiannya? Dia menjawab, penghayatan, hingga pesan mengedukasi public tentang Bung Karno.

“Generasi milenial, banyak yang tak paham sejarah. Karena itu, pesan sejarah harus disampaikan. Caranya, melalui puisi atau pidato di jalanan, di tempat terbuka, di lokasi yang ditonton banyak mata. Nah, penilaiannya, penghayatan, penjiwaan, ekspresi, hingga intonasi,” ucapnya.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata menyampaikan, Bulan Bung Karno ini adalah perayaan rutin yang dilakukan partainya.

“Di Bulan Juni ini, disebut Bulan Bung Karno, karena dimulai dari Hari Pancasila 1 Juni yang digali Bung Karno, lalu hari kelahiran hingga wafatnya Proklamator RI. Melalui kegiatan lomba, kita ingin mengenalkan karya besar Bung Karno melalui puisi, dan mengenangnya di tempat terbuka bersama masyarakat,” tukas politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor.

“Bagi yang berminat ikut serta, bisa langsung mengirimkan video rekamannya melalui whatsapp ke 0816 1408 154. Gratis. Hadiahnya, bertotal jutaan rupiah. Durasi video 2 menit. Atau, boleh dibilang selama 2 menit, kita mengenang, hingga meluapkan rindu tentang Bung Karno di tempat terbuka, yang disaksikan masyarakat. Peserta lomba wajib mengup load videonya di facebook. Kontestasi lomba sudah dimulai dari saat ini dan ditutup pada 27 Juli mendatang. Pemenang akan diumumkan pada 30 Juli 2021, salah satunya di portal online aartreya.com. Nah, bagi yang berminat, silahkan ikut serta,” ajak Dadang menutup wawancara. (Nesto)                    

     

SHARE

KOMENTAR