Berkomitmen Menangis, Berjuang Bersama Rakyat, PDIP Tak Absen Hadirkan Baguna di Lokasi Bencana

606

Memastikan motonya, “Menangis, Berjuang dan Tertawa Bersama Rakyat” Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan yang dibentuk pada tahun 2006 selama ini tak pernah absen membantu sesama di lokasi bencana. Terkini, saat terjadi bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT), partai besutan Megawati Soekanoputri ini pun menerjunkan timnya menjalankan misi kemanusiaan.  

Banjir yang dipicu siklon tropis itu, melatarbelakangi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memperkuat seruan agar kepala daerah lebih serius tanggapi fenomena perubahan iklim.

“Atas anomali cuaca akibat perubahan iklim global tersebut, maka Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar seluruh kader partai, khususnya para pimpinan partai, para kepala daerah, anggota legislatif Partai, untuk semakin sadar terhadap iklim dan cuaca," kata Hasto, Selasa (6/4/2021).

PDI Perjuangan, sebut Hasto, juga bekerja sama dengan BNPB, dan Basarnas membantu rakyat terhadap penanganan tanggap darurat akibat bencana. Megawati, sambungnya, sudah meminta para kepala daerah asal PDI Perjuangan untuk meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim global. Dan merancang kebijakan pembangunan yang benar-benar didasarkan pada pemahaman terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam dan bencana lingkungan hidup.

“Siklon tropis telah memporak-porandakan beberapa kabupaten di provinsi NTT. Dan menimbulkan kerusakan parah terhadap infrastruktur, perumahan rakyat, dan korban jiwa yang tidak sedikit. PDI Perjuangan mengirimkan Baguna ke NTT,”

Berdasarkan laporan terakhir, Hasto mengatakan banyak pengurus partainya yang rumahnya juga menjadi korban badai ini. Bahkan di beberapa titik wilayah, pihaknya masih kesulitan masuk.

"Namun beberapa dapur umum telah berhasil dibuat khususnya di Flores, Lembata, dan Alor. Skala prioritas PDI Perjuangan adalah membantu ibu-ibu dan anak-anak. Seluruh anggota dan kader Partai di seluruh nusantara diinstruksikan untuk bergotong royong dan membantu masyarakat NTT melalui struktur Partai di wilayah masing-masing," tandas Hasto. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR