Babinsa Kawal Program Padat Karya, Per Kelurahan Libatkan 47 Orang

95

Aartreya.com – Dimulai dari Kamis (1/11/2022) kemarin, program padat karya di Kota Bogor dilaksanakan di Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan. Padat karya, merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin.

Tujuan dari program tersebut yakni untuk mengurangi pengangguran, dan masyarakat miskin, serta memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat, mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin.

“Kegiatan sebelum dimulai, kita melaksanakan apel terlebih dahulu, ini untuk mengingatkan kepada mereka agar senantiasa untuk menjalankan program dengan sebaik-baiknya,” kata Babinsa Bogor Selatan, Serda Didik Wahyudi dinukil dari Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor.

Selain itu, sambung Serda Didik, apel tersebut juga menekankan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar bersih dan nyaman.

“Karena, lingkungan yang nyaman dapat membuat kehidupan semakin sehat untuk jangka Panjang,” imbuhnya.

Dengan adanya program padat karya, masih menurutnya, diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di wilayah Kelurahan Lawanggintung. Serta bisa menumbuhkan rasa semangat warga demi kemajuan daerahnya.

“Alhamdullilah dengan program padat karya ini, warga semakin kuat gotong royongnya dan selalu menjaga kekompakan serta kekeluargaan,” ucap Serda Didik Wahyudi.

Terpisah, proyek padat karya Pemerintah Kota Bogor sebesar Rp 5,1 miliar lebih. Dari anggaran tersebut untuk 3.196 orang tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Bogor. Hal itu disampaikan Kepala Disnaker Kota Bogor, Elia Buntang.  

"Per kelurahan ada 47 orang, plus satu pengawas, sementara jumlah kelurahan di kita ada 68, sehingga totalnya 3.196 orang," kata Elia dilansir RMOLJabar.

"Kita juga fasilitasi mereka alat-alatnya, seperti cangkul, serokan. Kemudian dilindungi BPJS Ketenagakerjaan, jadi diberi jaminan selama bekerja," imbuhnya.

Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mengapresiasi program tersebut. Sebab, memang masyarakat Kota Bogor, khususnya di Bogor Selatan masih banyak yang belum mendapat bantuan.

"Ya, kami mewakili aparatur wilayah tentunya mengapresiasi dan bersyukur. Di Bogor Selatan hari ini serentak 16 kelurahan melaksanakan Padat Karya. Mereka diberi upah sehari Rp 120 ribu dan dicairkan langsung melalui rekening masing-masing para penerima manfaat," tuntasnya.

 

(Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor/RMOLJabar/Nesto)

SHARE

KOMENTAR